KELAHIRAN YESUS

Foto : Sepi Waimbo (Ketua Dep Pemuda Baptis Papua)


Andellawene.com-Kisah kelahiran Yesus Kristus dicatat di dalam alkitab kristen terutama dalam dua Injil kaonik,Matius dan Lukas kedua Injil tersebut menulis bahwa Yesus Kristus lahir di Betlehem, di Yudea, oleh seorang perawan yaitu Maria.
Masing - masing Injil menceritakan kejadian yang sama dengan sudut pandang yang berbeda Injil Matius dari sudut pandang rasul Matius yang adalah seorang pemungut pajak menceritakan perihal kedatangan orang majus mencari dan menyembah "Raja" yang baru lahir, serta mempersembahkan hadiah yang harganya mahal - mahal sedangkan Injil Lukas dari sudut pandang Lukas yang adalah seorang dokter menceritakan kisah ini dengan lebih detaik, termasuk adanya malaikat dan kedatangan Gembala domba yang menyembah bayi Yesus di palungan secara lebih kronologis: Injil Lukas tidak mencatat  mengenai orang - orang majus dari timur, tetapi mengisahkan kelahiran Yohanis pembaptis terjadi sekitar 6 bulan sebelum kelahiran Yesus, penampakan malaikat Gabriel yang memberitahukan terlebih dahulu kepada Zakharianya Yohanis pembaptis.
Kedua Injil juga memberikan silsillah Yesus Kristus Injil Matius, yang target pembacanya adalah bangsa Yahudi, menitik beratkan pribadi Yesus sebagai Raja, mesias keturunan Raja israel yang di tunggu - tunggu oleh kaum Yahudi, oleh sebab itu silsillahnya dimulai dari Abraham, Bapak orang Yahudipun tulisan - tulisannya penuh dengan simbol - simbol dan pemenuhan nubuatan - nubuatan nabi zaman dulu yang mengatakan bahwa mesias akan tersebut dari keturunan Daud di tulis dalam silsillah Yesus ada 14 keturunan daru Abraham hingga Raja Daud 14 keturunan dari Daud hingga masa pembuangan ke babel 14 keturunan dari masa pembuangan hingga Yesus. Injil Lukas yang target pembacanya adalah bangsa bukan Yahudi, menitikberatkan pribadi Yesus
anak manusia dan anak Allah, Allah semua bangsa, bukan hanya bagi orang Yahudi oleh sebabnya silsilanya dimulai dari Adam, bapa semua umatnya manusia, bahkan hingga kepada Allah, bapa Adam, pencipta seluruh umat manusia, sebagai salah satu pengikut Paulus, Lukas juga mungkin pada saat menulis ini memikirkan Yesus sebagai Adam baru/Adam kedua ( Roma 5 : 12 ). Hal. Www.https: //Id. m. Kipedia.org-wiki Dan banyak orang yang meragukan kelahiran Yesus Kristus, Tuhan yang menjelma sebagai manusia, ke dunia. Fakta inilah yang akhirnya mendorong saya untuk mengumpulkan bukti - bukti dari Alkitab yang secara jelas yang di tulis oleh Lukas dan Matius menyatakan bahwa Allah pernah pada suatu masa, menjelma menjadi manusia untuk menebus dosa manusia. Kelahiran Yesus Kristus Pernah Dinubuatkan Sebab itu Tuhan sendirilah yang akan memberikan kepadamu suatu pertanda: sesungguhnya,
seorang perempuan muda mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki - laki dan ia akan menamakan Dia Imanuel ( Yesaya 7 : 14 ).
Bangsa yang berjalan di dalam kegelapan telah melihat terang yang besar; mereka yang diam di negeri kekelaman, atasnya terang telah bersinar. Engkau telah menimbulkan banyak sorak - sorak, sukacita yang besar; mereka telah bersukacita dihadapanmu, seperti sukacita di waktu panen, seperti orang bersorak - sorak di waktu membagi - bagi jarahan. Sebab kuk yang menekannya dan gandar yang di atas bahunya serta tongkat si penindas telah kaupatahkan seperti pada hari kekalahan Midian. Sebab setiap sepatu tentara yang berderap - derap dan setiap jubah yang berlumuran darah akan menjadi umpan api. Sebab seorang anak telah lahir untuk kita, seorang putera telah diberikan untuk kita; lambang pemerintahan ada di atas bahunya, dan namanya
disebut orang: penasehat Ajaib, Allah yang perkasa, Bapa yang Kakel, Raja Damai. Besar kekuasaannya di atas takhta Daud dan di dalam kerajaannya, karena ia mendasarkan dan mengokokkannya dengan keadilan dan kebenaran dari sekarang sampai selama - lamanya ( Yesaya 9 : 1- 6 ).
Suara tunas akan keluar dari tunggal Isai, dan taruk yang akan tumbuh dari pangkalnya akan berbuah. Roh Tuhan akan ada padanya, roh hikmat dan pengertian, roh nasihat dan keperkasaan, roh pengenalan takut akan Tuhan; ya kesenangan ialah takut akan Tuhan. Ia tidak menghakimidengan sekilas padang saja atau menjatuhkan keputusan menurut kata orang. Tetapi ia akan menghakimi orang - orang lemah dengan keadilan, dan akan menghajar bumi dengan perkataannya seperti dengan tongkot, dan dengan nafas. Ia tidak akan menyimpang dari kebenaran dan kesetiaan, seperti ikat pinggang tetap terikat pada pinggang ( Yesaya 11 : 1 - 5 ).
Seringala akan tinggal bersama domba akan macam tutul akan berbaring di samping kambing.Anak lembu dan anak singa akan makan rumput bersama - sama, dan seorang anak kecil akan menggirinnya. Lembu dan beruang akan sama - sama makan rumput dan anaknya akan sama - sama berbaring, sedang singa akan makan jerami seperti lembu. Anak yang menyusu akan bermain - main dekat liang ular tedung dan anak Bait Allah dan siang malam beribadah dengan berpuasa dan berdoa. Dan pada ketika itu juga datanglah ia ke situ dan mengucap syukur kepada Allah dan berbicara tentang Anak itu kepada semua orang yang menantikan kelepasan untuk serusalem ( Lukas 2 : 36 - 38 ).
Kelahiran Yesus Disampaikan Dalam bulan yang ke enam Allah menyuruh malaikat Gabriel pergi ke sebuah kota di Galelia bernama Nazaret, kepada seorang perawan yang bertunangan dengan seorang bernama Yusuf dari keluarga Daud; nama perawan itu Maria. Ketika malaikar itu masuk ke rumah Maria, ia berkata: Salam, hai engkau yang dikaruniai, Tuhan menyertai engkau. Maria terkejut msndengar perkataan itu, lalu bertanya di dalam hatinya, apakah arti salam itu. Kata malaikat itu kepadanya: Jangan
takut, hai Maria, sebab engkau beroleh kasih karunia dihadapan Allah. Sesungguhnya engkau akan mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki - laki dan hendaklah engkau menamai Dia Yesus. Ia akan menjadi besar dan akan disebut Anak Allah Yang Mahatinggi. Dan Tuhan Allah akan mengaruniakan kepada-Nya takhta Daud, bapa leluhur-Nya dan Ia akan menjadi raja atas kaum
keturunan Yakub sampai selama-lamanya dan Kerajaan-Nya tidak akan berkesudahan. Kata Maria kepada malaikat itu: bagimana hal itu mungkin terjadi, karena aku belum bersuami? Jawab malaikat itu kepadanya: Roh Kudus akan turun atasmu dan kuasa Allah Yang Mahatinggi akan menaungi engkau; sebab itu anak yang akan kau lahirkan itu akan disebut kudus, Anak Allah.
Dan sesungguhnya, Elizabet, sanakmu itu, iapun sedang mengandung seorang anak laki - laki pada hari tuanya dan inilah bulan yang ke enam bagi dia,yang disebut mandul itu, sebab bagi Allah tidak ada yang mustahil. Kata Maria: sesungguhnya akui ini adalah hamba Tuhan; jadilah padauk menurut perkataanmu itu. Lalu malaikat itu meninggalkan dia ( Lukas 1 : 26 - 37 )
Kelahiran Yesus Disambut Dan Direspin Meriah Kelahiran Yesus Kristus yang pernah dinubuatkan dan dinantikan para nabi disambut luar dengan penuh sukacita dari seluruh kalangan dan status sosial. Dari yang tua, muda, bujang, orang - orang terpinggirkan, ilmuwan, raja, malaikat, dan bayi yang masih dalam kandungan ibu semuanya memantikan kedatangan Sang Juruselamat dunia. Dalam bagian ini akan dijelaskan beberapa respon dari orang - orang yang menantikan kelahiran Sang Raja penyelamat dan pendamai, Yesus Kristus.
Respin Perawan Maria Kata Maria: sesungguhnya aku ini adalah hamba Tuhan; jadilah padaku menurut perkataan itu. ( Lukas 1 : 38 ) lalu kata Maria: jiwaku memuliakan Tuhan, dan hatiku bergembira karena Allah, Juruselamatku, sebab ia telah memperhatikan kerendahan hamba-Nya. Sesungguhnya, mulai dari sekarang segala keturunan akan menyebut aku berbahagia, karena Yang Mahakuasa telah melakukan perbuatan - perbuatan besar kepadaku dan nama-Nya adalah kudus. Dan rahmat-Nya dengan perbuatan tangan-Nya dan mencerai beraikan orang - orang yang congkak hatinya; Ia menurunkan orang - orang yang berkuasa dari takhtanya dan meninggikan orang - orang yang rendah; Ia melimpahkan segala yang baik kepada orang yang lapar, dan menyuruh orang yang kaya pergi dengan tangan hampa; Ia menolong Israel, hamba-Nya, karena Ia mengingat rahmat-Nya, seperti dijanjikan-Nya kepada nenek moyang kita, kepada Abraham dan keturunannya untuk selama - lamanya ( Lukas 1 : 46 - 55 ).
Respon Yusuf Karena Yusuf suaminya, seorang yang tulus hati dan tidak mau mencemarkan nama isterinya di muka umum, ia bermaksud menceraikannya dengan diam - diam. Tetapi ketika ia mempertinbangkan maksud itu, malaikat Tuhan nampak kepadanya dalam mimpi dan berkata:
Yusuf, anam Daud, janganlah engkau takut mengambil Maria sebagai isterimu, sebab anak yang di dalam kandungannya anak laki - laki dan engkau akan menyelamatkan umat-Nya dari dosa mereka. Hal itu terjadi supaya genaplah yang difirmankan Tuhan oleh nabi: Sesungguhnya, anak darah itu akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki - laki, dan mereka akan menamakan Dia Imanuel - yang berarti: Allah menyertai kita. Sesudah bangun dari tidurnya, Yusuf berbuat seperti yang diperintahkan malaikat Tuhan itu kepadanya. Ia mengambil Maria sebagai isterinya, tetapi tidak bersetubuh dengan dia sampau ia melahirkan anaknya laki - laki dan Yuauf menamakan Dia Yesus" ( Matius 1 : 19 - 25 ).
Respon Elisabeth
Lalu berseru dengan suara nyarin: Diberkatilah engkau di antara perempuan dan diberkatilah buah rahimmu. Siapakah aku ini sampai ibu Tuhanku datang mengujungi aku? Sebab sesungguhnya, ketika salammu sampai kepada telingaku, anak yang di rahimku melonjak kegirangan. Danberbahagialah ia,  yang telah percaya, sebab apa yang dikatakan kepadanya dari Tuhan, akan terlaksana ( Lukas 1 : 42 - 54 )
Respon Bayi Yohanis Pembaptis
Beberapa waktu kemudian berangkatlah Maria dan langsung berjalan ke pengunungan menuju sebuah kota di Yehuda. Di situ ia masuk ke rumah Zakharia dan memberi salam kepada Elisabet pun penuh dengan Roh Kudus, lalu berseru dengan suara nyaring: Diberkatilah engkau di antara semua perempuan dan diberkatlah buah rahimmu ( Lukas 1 : 39 - 42 ).
Respon Zakharia dan Latar Belakangnya 
Pada Zaman Herodes, raja Yudea, adalah seorang imam yang bernama Zakharia dari rombingan Abia. Isterinya juga berasal dari keturunan Harum, namanya Elizabet. Keduanya adalah benar di hadapan Allah dan hidup menurut segala perintah dan ketetapan Tuhan dengan tidak bercacat. Tetapi mereka tidak mempunyai anak, sebab Elizabet mandul dan keduanya telah lanjut umur. Pada suatu kali, waktu tiba giliran robongannya, Zakharia melakukan tugas keimanan di hadapan Tuhan. Sebab ketika diundi, sebagaimana lazimnya, untuk menentukan imam yang bertugas, dialah yang ditunjuk untuk masuk ke dalam Bait Suci dan membakar unkupan di situ. Sementara itu seluruh umat berkumpul di luar dan sembahyang. Waktu itu adalah waktu pembakaran ukupan. Maka tampaklah kepada Zakharia seorang malaikat Tuhan berdiri di sebelah kanan mezbah pembakaran ukupan. Melihat hal itu ia terkejut dan menjadi takut. Tetapi malaikat itu berkata kepadanya: jangan takut, hai Zakharia, sebab doamu telah dikabulkan dan Elisabet, isterimu, akan melahirkan seorang anak laki - laki bagimu dan haruslah engkau menimai dia Yohanis. Engkau akan bersukacita dan bergembira, bahkan banyak orang akan bersukacita atas kelahiranya itu. Sebab ia akan besar di hadapan Tuhan dan ia tidak akan minum anggur atau minuman keras dan ia akan penuh dengan Roh Kudus mulai dari rahim ibunya; ia akan membuat banyak orang Israel berbalik kepada Tuhan, Allah mereka, dan ia akan berjalan mendahului Tuhan dalam roh dan kuasa Elia untuk membuat hati bapa - bapa berbalik kepada anak - anaknya dan hati orang - orang durhaka kepada pikiran orang - orang benar dan dengan demikian menyiapkan bagi Tuhan suatu umat yang layak bagi-Nya. Lalu kata Zakaria kepada malaikat itu: bagimana aku tahu, bahwa hal ini akan terjadi? Sebab aku sudah tua dan isteriku sudah lanjut umurnya. Jawab malaikat itu kepadanya: Akulah Gabriel yang melayani Allah dan aku telah diutus untuk berbicara dengan engkau dan untuk menyampaikan kabar baik ini kepadamu. Sesunggunya engkau akan menjadi bisu dan tidak dapat berkata - kata sampai kepada hari, dimana semuanya ini terjadi, karena engkau tidak percaya akan perkataanku yang akan nyata kebenarannya pada waktunya ( Lukas 1 : 5 - 20 ). Terpujilah Tuhan, Allah Israel, sebab Ia melawat umat-Nya dan membawa kelepasan baginya, Ia menumbuhkan sebuah tanduk keselamatan bagi kita di dalam keturunan Daud, hamba- Nya itu, seperti yang telah difirmankan-Nya sejak purbakala oleh mulut nabi - nabi-Nya yang kudus untuk melepaskan kita sari musuh - musuh kita dan dari tangan semua orang yang membenci kita, untuk menunjukkan rahmat-Nya kepada nenek moyang kita dan mengingatkan perjanjian-Nya yang kudus, yaitu sumpah yang diucapkan-Nya kepada Abraham, bapa leluhur kita, bahwa ia mengaruniai kita, supaya kita, terlepas dari tangan musuh, dapat beribadah kepada-Nya tanpa takut, dalam kekudusan dan kebenaran dihadapan-Nya seumur hidup kita. Dan engkau, hai anakku, akan disebut nabi Allah Yang Mahatinggi; karena engkau akan berjalan mendahului Tuhan untuk mempersiapkan jalan bagi- Nya, untuk memberikan pada umat-Nya untuk memberikan kepada umat-Nya pengertian akan keselamatan yang berdasarkan pengampunan dosa - dosa mereka, oleh rahmat dan belas kasihan dari Allah kita, dengab mana Ia akan melewat kita, Surya pagi dari tempat yang tinggi, untuk menyinari mereka yang diam dalam kegelapan dan dalam naungan maut untuk mengarahkan kaki - kaki kepada jalan damai sejahtera ( Lukas 1 : 68- 79 ).
Respon Tiga Orang Majus
Sesudah Yesus dilahirkan di Betlehem di tanah Yudea pada zaman raja Herodes, datanglah orang - orang majus dari Timur ke Yerusalem dan bertanya - tanya: Dia manakah Dia, raja orang Yahudi yang baru dilahirkan itu? Kami telah melihat bintang-Nya di Timur dan kami datang untuk menyembah Dia ( Matius 2 : 1 - 2 ).
Setelah mendengar kata - kata raja itu ( Herodes ), berangkatlah mereka. Dan lihatlah, bintang yang mereka lihat di Timur itu mendahului mereka hingga tiba dan berhenti di atas tempat, dimana Anakitu berada. 
Ketika mereka melihat bintang itu, sangat bersukacita mereka. Maka masukan mereka ke dalam rumah itu dan melihat Anak itu bersama Maria, ibu-Nya, lalu sujud menyembah Dia. Merekapun membuka tempat harta bendanya dan mempersembahkan persembahan kepada-Nya, yaitu emas, kemenyan dan mur. Dan karena diperingatkan dalam mimpi, supaya jangan kembali kepada Herodes, maka pulanglah mereka ke negerinya melalui jalan lain ( Matius 9 : 12 ).
Respon Raja Herodes
Ketika raja Herodes mendengar hal itu ( laporan dari orang majus ) terkejutlah ia beserta seluruh Yerusalem. Maka dikumpulkannya semua imam kepala dan ahli Taurat bangsa Yahudi, lalu dimintanya keterangan dari mereka, dimana Mesias akan dilahirkan. Mereka berkata kepadanya: Di Betlehem di tanah Yudea, karena demikianlah ada tertulis dalam kitab nabi: dan engkau Betlehem,
tanah Yudea, engkau sekali - kali bukanlah yang terkecil di antara mereka yang memerintah Yehuda, karena dari padamulah akan bangkit seorang pemimpin yang akan menggembalakan umat-ku Israel. Lalu dengan diam - diam Herodes memanggil orang - orang majus itu dan dengan teliti bertanya kepada mereka, bilamana bintang itu nampak. Katanya: pergi dan selidikilah dengan seksesama hal - hal mengenai anak itu dan segera sesudah kamu menemukan Dia, kabarkan kepadaku supaya akupun datang menyembah dia ( Matius 2 : 3 - 8 ).
Ketika Herodes tahu, bahwa ia telah diperdayakan oleh orang - orang majus itu, ia sangat marah. Lalu ia menyuruh membunuh semua anak di Betlehem dan sekitarnya, yaitu anak - anak yang berumur dua tahun ke bawah, sesuai dengan waktu yang dapat diketahuinya dari orang - orang majus itu ( Matius 2 : 16 ).
Respon Malaikat dan Sejumlah Bala Tentara Surga.
Di daerah itu ada gembala - gembala yang tinggal di padang menjaga kawanan ternak mereka pada waktu malam. Tiba - tiba berdirilah seorang malaikat Tuhan di dekat mereka dan kemuliaan Tuhan bersinar meliputi mereka dan mereka sangat ketakutan. Lalu kata malaikat itu kepada mereka: Jangan takut, sebab sesungguhnya aku memberikan kepadamu kesukaan besar untuk seluruh bangsa: Hari ini telah lahir bagimu Juruselamat, yaitu Kristus, Tuhan, di kota Daud. Dan inilah tandanya bagimu: Kamu akan menjumpai seorang bayi dibungkus dengan malaikat itu sejumlah besar bala tentara sorga yang memuji Allah, katanya: Kemudian bagi Allah di tempat yang mahatinggi dan damai sejahtera di bumi di antara manusia yang berkenan kepada-Nya ( 2 : 8 -
15 ).
Respon Gembala - Gembala 
Dari Padang Gurun Setelah malaikat - malaikat itu meninggalkan mereka ( Gembala - gembala ) itu berkata seorang kepada yang lain: Marilah kita pergi ke Betlehem untuk melihat apa yang terjadi disana, sepsrti yang diberitaukam Tuhan kepada kita. Lalu mereka ( Gembala - gembala ) cepat - cepat berangkat dan menjumpai Maria dan Yusuf dan bayi itu, yang sedang berbaring di dalam palungan. Dan ketika mereka melihat-Nya, mereka memberitahukan apa yang telah dikatakan kepada mereka tentang Anak itu. Dan semua orang yang mendengarnya heran tentang apa yang mereka dikatakan gemala - gembala itu kepada mereka. Tetapi Maria menyimpan segala perkara itu di dalam hatinya dan merenungkannya. Maka kembalilah gembala - gembala itu sambil memuju dan memuliakan Allah karena segala sesuatu yang mereka dengar dan mereka lihat, semuanya sesuai dengan apa yang telah dikatakan kepada mereka ( Lukas 2 : 15 - 20 ). Buku: Mengapa Orang Kristen Percaya Yesus Hal. 1 - 17  Gembala Dr. Socratez Sofyan Yoman, MA. Keputusan kekal Anda tentukan oleh keputusan yang Anda buat. Semoga artikel pendek tentang kelahiran Yesus Kristus ini dapat menjadi berkat bagi semua.
Saya menyampaikan selamat merayakan hari kelahiran Tuhan Yesus Kristus bagi umat kristiani di
seluruh tanah air.

Tiom     : 04 Desember 2019
Penulis  :Sepi Angginak Wanimbo Ketua Pemuda Baptis Papua
Pewarta : Akia/w

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Tuhan Diluar Pemikiran Kita

Laurenzus Kadepa Sosok Pimpin Ketua DPRP Provinsi Papua